Skip to main content

pengertian sel

Pengertian Sel

Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun Mahluk Hidup. Definisi atau pengertian sel tadi agak sukar untuk dipahami.Agar lebih mudah, pengertian sel dapat kita sederhanakan menjadisatuan terkecil penyusun Mahluk Hidup.
Sel adalah satuan terkecil penyusun Mahluk Hidup.
Tubuh manusia terdiri dari beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta sel, begitu pula dengan tumbuhan dan hewan. 

Lantas.. 

Seperti apa sih bentuk sel? Kamu bisa melihat ilustrasi gambar sel hewan dan tumbuhan dibawah.



Ilustrasi sel hewan dan sel tumbuhan dalam gambar 2D
Ilustrasi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Menurut Campbell di bukunya yang berjudul Biologi jilid 1 (edisi ke delapan)Sel berasal dari kata cella ” (Yunani) yang berarti ruangan berukuran kecil. 

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel, karena itulah sel dapat berfungsi atau bahkan hidup sendiri asalkan kebutuhannya terpenuhi.

Bahkan..

Semua seel yang ada sekarang berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya. Mungkin kamu pernah dengar kalimat "omnis cellula e cellula"

Kalimat itu berarti semua sel berasal dari sel.


Organisme Multiseluler dan Uniseluler

Organisme (Mahluk Hidup) yang terdiri dari banyak sel disebutMultiseluler, contohnya adalah Manusia, Hewan dan Tumbuhan. 

Sedangkan Organisme yang hanya memiliki satu sel saja disebutUniseluler, contohnya adalah bakteri dan ganggang. Inilah contoh makhluk hidup yang bisa hidup walau hanya memiliki satu sel.

Perbedaan organisme multiseluler dan organesme uniseluler selain dari jumlah sel penyusun tubuhnya adalah ukuran tubuhnya. 

Organisme multiseluler memiliki ukuran besar dan dapat dilihat oleh mata tanpa menggunakan alat bantu. Sedangkan Organisme Uniseluler biasanya berukuran Mikroskopis dan harus menggunakan Mikroskop untuk melihatnya.


Apakah Virus Mempunyai Sel?

gambar struktur virus (virus tidak mempunyai sel)
Gambar struktur virus

Jawabannya tentu tidak, karena virus adalah aseluler. A artinya tidak, jadi aseluler berarti tidak memiliki sel, hal ini lah yang menyebabkan banyak para ahli yang berpendapat bahwa virus bukan makhluk hidup. 

Tapi, banyak juga ahli yang mengatakan bahwa virus adalah makhluk hidup karena ternyata virus dapat berkembang biak (reproduksi)..

Lantas bagaimanakah cara virus berkembang biak? 

Pada dasarnya Virus tidak bisa bereproduksi sendiri karena tidak mempunyai sel. Bahkan! Virus tidak bisa hidup karena tidak punya sel.Tapi, virus bisa berkembang biak atau memperbanyak diri ketika berada di dalam sel inangnya.

Kondisi virus tanpa sel inang sering disebut fase pasif atau beku(kristal).

Sel Prokariotik dan Eukariotik

Pro artinya sebelum, eu artinya sudah dan karion artinya inti sel. Dari arti katanya saja sudah tahu kan bedanya prokariotik dan eukariotik?

Oke, lebih jelasnya silahkan lanjut membaca! 

Berdasarkan ada tidaknya membran inti, sel dibagi menjadi dua jenis, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotk.  

Sel prokariotik adalah tipe sel yang tidak memiliki membran intisehingga sel tipe ini memiliki materi inti yang tidak dibatasi oleh sistem membran, tidak memiliki organel yang dibatasi oleh sistem membran. 

Sedangkan Sel eukariotik adalah tipe sel yang memiliki membran inti, sehingga organel terpisah bagian-bagian inti sel. 

Untuk pembahas lebih luas tentang pengertian sel prokariotik dan eukariotik bisa dilihat pada link yang ada dibawah ini: 

Pengertian sel eukariotik dan prokariotik 

Struktur Sel

Secara umum, struktur atau bagian sel dapat dibagi menjadi 3:
  1. Nukleus atau inti sel yang berfungsi sebagai pusat pengendalian
  2. Membran sel yang berfungsi untuk menyeleksi zat yang keluar masuk sel
  3. Sitoplasma yaitu cairan sel yang di dalamnya terdapat organel-organel (ribosom, retukul endoplasma, vakuola, mitokondria dll)

Untuk pembahasan lebih rinci tentang struktur sel silakan klik link dibawah:
Struktur sel hewan dan sel tumbuhan

Terimakasih, semoga bermanfaat. 

Comments

Popular posts from this blog

TINGKATAN THEORY KEPERAWATAN, (META-THEORY, GRAND-THEORY, MIDDLE RANGE TEORY, MICRO THEORY)

Struktur Hirarki Ilmu Keperawatan Struktur hirarki ilmu keperawatan dibedakan atas 5 komponen dari ilmu keperawatan menurut tingkat abstraksinya. Hirarki terdiri dari komponen-komponen yang bersifat menyeluruh di dalam namun juga menjadi bagian dari yang lebih besar tersebut. Pada kasus ini   keseluruhan yang terbesar adalah Ilmu Keperawatan. Dengan demikian, setiap komponen dari ilmu keperawatan adalah keseluruhan yang utuh tetapi juga bagian dari yang terbesar. Berdasarkan figure 1 di atas 5 komponen hirarki dari ilmu keperawatan adalah metaparadigma, filosofi, model konseptual, teori, dan indikator empiris.  Seperti pada  figur 1  di  atas diperlihatkan komponen yang  paling  abstrak adalah metaparadigma dan  yang paling  konkrit adalah indikator empiris. Metaparadigma Metaparadigma didefinisikan sebagai konsep global yang mengidentifikasi fenomena dari minat sentral dari suatu disiplin, dalil global yang menggambarkan konsep, dan dalil global yang menyatakan hubungan an

makalah penyakit DHF (Dengue haemoragic fever)

BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Demam Berdarah Dengue (DBD) atau DHF (Dengue Haemoragic Fever) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang tergolong Arthropod-Borne Virus, genus Flavivirus, dan family Flaviviridae. DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, terutama Aedes aegypti (infodatin, 2016). Penyakit DBD dapat muncul sepanjang tahun dan dapat menyerang seluruh kelompok umur. Munculnya penyakit ini berkaitan dengan kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat (Kemenkes RI, 2016). Menurut data WHO (2014) penyakit DBD pertama kali dilaporkan di Asia Tenggara pada tahun 1954 yaitu di Filipina, selanjutnya menyebar ke berbagai Negara. Sebelum tahun 1970, hanya 9 negara yang mengalami wabah DBD, namun sekarang DBD menjadi penyakit endemik pada lebih dari 100 negara, diantaranya adalah Afrika, Amerika, Mediterania Timur, Asia Tenggara dan Pasifik Barat memiliki angka tertinggi terjadinya kasus DBD. Jumlah kasus di Amerika, Asia Tenggara,dan Pasif

implementasi keperawatan, tahap-tahap implementasi keperawatan

BAB II PEMBAHASAN A.      PENGERTIAN IMPLEMENTASI KEPERAWATAN Implementasi merupakan komponen dari proses keperawatan, adalah kategori dari prilaku keperawatan di mana tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan hasil yang diperkirakan dari asukahan keperawatan dilakukan dan diselesaikan. Dalam teori, implementasi dari rencana asuhan keperawatan mengikuti komponen perencanaan dari proses keperawatan. Namun demikian, dibanyak lingkungan keperawatan kesehatan, implementasi mungkin dimulai secara langsung setelah pengkajian. Sebagai contoh, implementasi segera diperlukan ketika perawat mengidentifikasi kebutuhan klien yang mendesak, dalam situasi seperti henti jantung, kemtian mendadak dari orang yang dicintai, atau kehilangan rumah akibat kebakaran. Implamentasi mencakup melakukan, membantu, atau mengarahkan kinerja aktivitas kehidupan sehari-hari, memberikan arahan perawatan untuk mencapai tujuan yang berpusat pada klien, menyelia dan mengevaluasi kerja anggota staf, da